TEAM FUTSAL SD NAMIRA LAGI LATIHAN NIH, BERLARI KESANA KEMARI, KUMPULKAN KERINGAT, BAKAR SEMANGAT,
TAUKAH KAMU??? MANFAAT BERLARI BAGI TUBUH KITA ?
Berlari, atau hanya sekedar jogging, tidak diragukan lagi adalah olahraga yang sehat dan murah dimana orang bisa melakukannya bahkan tanpa mengeluarkan biaya sama sekali. Yang paling-paling Anda butuhkan ketika ingin berlari adalah sepasang sepatu lari, yang itupun tidak sampai memakan biaya jutaan rupiah. Karena itu olahraga ini termasuk olahraga yang paling digemari oleh orang-orang dari banyak kalangan dari anak-anak sampai orang tua.
Tetapi ternyata selain murah, berlari dan jogging memiliki manfaat yang tidak main-main bagi tubuh kita. Tentu kita tahu bahwa secara umum berlari dan jogging dapat menyehatkan dan menyegarkan tubuh kita, tetapi ternyata manfaat dari berlari/jogging lebih dari yang kita tahu. Berlari/jogging tidak hanya membawa kesehatan dan kesegaran bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat yang akan didapatkan tubuh kita saat kita berlari/jogging.
  • Berlari secara rutin dapat menguatkan jantung kita, menambah jumlah kapiler dan sel-sel darah merah di dalam tubuh, serta meningkatkan regenerasi sel-sel di dalam hati. Karena itu banyak bagian dari tubuh kita, termasuk jantung dan hati yang semakin kuat.
  • Sebuah jantung yang terlatih dengan rutinitas lari akan memompa jumlah darah yang lebih besar per siklus. Saat aliran darah meningkat, konsumsi oksigen juga akan meningkat. Semua jaringan dan organ dalam tubuh Anda akan menerima lebih banyak darah yang kayak akan oksigen dan nutrisi.
  • Lari akan membantu menyingkirkan stres.Tubuh telah menerima banyak ‘sampah’ dari ketegangan saraf dan kelelahan dalam 1 hari. Untuk mengeluarkannya dari tubuh, Anda harus berkeringat. Disinilah pentingnya berlari bagi tubuh Anda.
  • Ketika Anda berolahraga, tubuh Anda melepaskan hormon khusus yang disebut endoeefin atau ‘hormon kebahagiaan’. Saat kandungan endorfin dalam darah meningkat, Anda akan mengalami sedikit perasaan euforia dan perasaan depresi pun menghilang.
  • Aktivitas otak akan meningkat juga. Saat Anda sedang berlari, otak akan menghasilkan solusi kreatif untuk masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. Ini bisa terjadi karena adanya asupan oksigen yang membantu sistem saraf pusat, termasuk otak, berfungsi lebih aktif.
  • Daya tahan tubuh akan meningkat karena sel-sel darah merah dan hemoglobin yang bertambah dalam tubuh. Lari juga akan menurunkan kolesterol darah, mengurangi rasa lapar dan memperbaiki metabolisme Anda. Hal ini akan berpengaruh padaberat badan yang tentu saja akan berkurang.

credit: http://910sportswear.com/manfaat-berlari-bagi-tubuh-kita/

Komentar